Senin, 24 November 2014

Tutorial Web-based App #2 ( Quizlet )

Tutorial Web-based App ( Quizlet )


Pada posting kali ini saya akan mencoba menjelaskan langkah-langkah atau cara untuk membuat kuis berbasis web. Kali ini saya menggunakan "Quizlet" sebagai media online untuk membuat kuis yang akan kita bahas. Quizlet sendiri adalah software online yang free atau gratis yang membebaskan khalayak umum untuk memanfaatkannya dengan bebas.

Berikut saya rincikan masing-masing langkah dari langkah awal hingga akhir :


1. Pertama buka halaman resmi dari "Quizlet" sendiri , berikut link-nya https://www.quizlet.com. Kemudian pilih "Sign Up" untuk membuat akun baru untuk menggunakan aplikasi quizlet, pilih "SignUp with Google" untuk mendaftar dengan akun google, "SignUp with Facebook" untuk mendaftar dengan Facebook atau "SignUp with Email" untuk mendaftar via email.




2. Setelah berhasil mendaftar dan masuk pada halaman utama akun, pilih "Create a set" untuk membuat kuis baru atau pilih "Create a folder" untuk membuat folder untuk memudahkan kita saat menyimpan kuis nanti.



3. Langkah selanjutnya setelah meng-klik "Create a set" adalah mengatur kuis yang akan kita buat, seperti pada gambar yaitu memberi judul kuis dan memberikan deskripsi pada kuis yang akan dibuat.



4. Setting bahasa dan mulai masuk pada pengaturan pertanyaan serta jawaban kuis. Pertama, masukkan pertanyaan atau petunjuk kuis lalu klik "Add Images" dan pilih search images kemudian pilih gambar yang sesuai dengan petunjuk.




5. Lakukan hal yang sama untuk membuat soal hingga jumlah yang diinginkan.




6. Setelah selesai mengatur soal dan menetapkan jumlahnya tekan "Save" untuk menyimpan kuis.




7. Terdapat 2 jenis kuis interface di "Quizlet" , namun kali ini saya akan menjelaskan pada interface "Scatter" , pilih "Scatter" untuk masuk pada kuis interface



8. Klik "Start Game" untuk memulai kuis dengan "Scatter" interface.



9. Drag tulisan sesuai pada gambar, pada kuis ini ketelitian dan kecepatan tangan juga berpengaruh untuk mendapatkan catatan waktu yang baik.



10. Setelah semua soal berhasil diselesaikan maka akan muncul papan score.


Demikian Tutorial sederhana membuat kuis berbasis web dengan media "Quizlet" semoga dapat menjadi pembelajaran yang baik bagi pembaca. 

Terimakasih telah membaca postingan ini.











Rabu, 19 November 2014

Tutorial Web-based App ( Web WhiteBoard )

Tutorial Web WhiteBoard

Disini saya akan menjelaskan bagaimana mengaplikasikan penggunaan web whiteboard yang memang ditujukan untuk pembelajaran via online
Pada kesempatan kali ini saya menggunakan aplikasi web yang dapat diaccess pada "www.awwapp.com" .


1. Pertama , buka url dari awwapp seperti diatas, atau klik "www.awwapp.com"



2. Pilih menu pencil dan pilih "Text" untuk menulis .



3. Masukkan tulisan yang akan ditampilkan pada layout web whiteboard.


4. Masuk ke menu "Pencil" lagi untuk memilih besarnya atau kepadatan ujung pena.



5. Pilih menu "Color" untuk merubah warna dari pena. Atau tulisan jika kita meng-klik "Text".




6. Buatlah objek , tulisan atau gambar pada layout.





7. Klik pilihan "Menu" kemudian klik "Post" guna mempublikasikan hasil web whiteboard tadi.





8. Pilih dimana kita akan mempublikasikan hasil proses tadi.



9. Atau pilih menu "Invite" untuk mengajak teman untuk bekerja sama menggunakan layout yang sama.


Sekian Tutorial sederhana dari saya, semoga dapat menjadi inspirasi serta pembelajaran yang baik. 






Rabu, 29 Oktober 2014

Computer User Interface

Computer User Interface selalu berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Dari berbasis text, menu, icon(GUI), touch dan lain-lain memiliki masanya sendiri dimana mereka pernah menjadi yang paling berjaya dimasanya. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang perkembangan dari zaman ke zaman tentang computer user interface.

1. Text Based



    Teks User Interface (TUI) bersifat text based(berbasis text)  yaitu antarmuka dengan komputer berbasis text. Salah satu contohnya adalah sistem operasi DOS. Sistem operasi ini mengadopsi dasar text dalam penggunaan setiap program atau dalam setiap perintahnya. 
     Meskipun sudah jarang digunakan sebagai sistem operasi dasar , namun sekarang menjadi bagian dalam sistem operasi yang diproduksi oleh microsoft co.. Yang dalam windows dinamakan "Command Prompt". Dalam program ini juga mengadopsi beberapa perintah dasar yang sebelumnya ada di operasi DOS. Selain dalam windows, Linux juga menggunakannya di sistem operasi mereka yang dinamakan "Terminal".



2. Menu Based




     Menu Based User Interface adalah pengembangan dari yang sebelumnya (Text Based). Disini dikembangkan dari text menjadi menu yang berupa daftar. User lebih dipermudah dalam mengoperasikan suatu benda dengan menu daripada dengan text. 



3. Icon Based (GUI)




    Graphical User Interface (GUI) , program / sistem yang sudah memunculkan gambar dengan warna dan lebih interaktif. Perkembangan ini mengubah pandangan user tentang user interface yang sebelumnya, dalam perkembangan kali ini lebih user-friendly(lebih mudah digunakan bagi para pengguna, khususnya bagi pemula atau orang awam). 


4. Touch Screen



    Teknologi touch screen menjadi yang paling terkenal dan laris saat ini. Selain dari segi kenyamanan dalam penggunaannya, tampilannya pun lebih friendly user sehingga orang awam lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan TI. Dalam perkembangan kali ini sudah ada sistem multi yang membuat beberapa sistem dapat bekerja bersamaan seperti smartphone dengan smartTv.


5. Gesture Based



    Gesture Based adalah teknologi yang menerapkan fungsi sensorik yang lebih menarik, karena sensor dapat mendeteksi segala gerakan pengguna dari kamera yang menjadi alat input utama dalam sensor gesture meskipun ada beberapa cara lain yang dapat dijadikan alat inputan pada metode gesture. Sebagai contoh console yang diproduksi oleh vendor Nintendo, yaitu Nintendo Wii yang sudah menerapkan konsep gesture based yang dalam memainkan console tersebut pengguna dapat dengan leluasa menggeraan badan untuk mengendalikan karakter pada videogame di console tersebut.

Sabtu, 11 Oktober 2014

Perkembangan Sistem Operasi


Dalam perkembangannya Sistem Operasi sudah berkali-kali melakukan perubahan pada sistemnya baik pada bahasa pemprograman yang digunakan, fitur-fitur yang semakin dikembangkan setiap peluncuran versi terbaru, semakin friendly user pula ke arah yang lebih modern ini. Sistem Operasi tidak hanya terdapat pada komputer namun ada pula yang digunakan pada smartphone.

1. Sistem Operasi Komputer
                             Merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Berikut Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Komputer :

GUI pertama kali dikembangkan oleh para peneliti di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) di tahun 70-an. Penelitian ini membuka era baru dalam inovasi komputer grafis. Komputer pribadi (personal computer) pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis modern adalah Xerox Alto, yang dikembangkan pada tahun 1973. Sistem ini juga bukan sebagai produk komersial dan dimaksudkan terutama untuk penelitian di universitas.
1981-1983

Xerox 8010 Star (dirilis pada 1981)


Ini adalah sistem pertama yang disebut sebagai komputer desktop yang terintegrasi penuh, termasuk aplikasi dan GUI dan dikenal sebagai “The Xerox Star”, kemudian berganti nama menjadi “Viewpoint” dan kemudian berganti lagi namanya menjadi “GlobalView”.

Apple Lisa Office System 1 (dirilis pada 1983)




Sistem dikenal sebagai Lisa OS, atau singkatan dari Office System. Hal ini dikembangkan oleh Apple dengan maksud sebagai pemrosesan dokumen workstation. Sayangnya workstation ini tidak bertahan lama, hal itu dibunuh oleh Apple Macintosh sistem operasi yang lebih terjangkau. Ada beberapa tambahan untuk upgrade ke versi Lisa OS, Lisa OS 2 di tahun 1983 dan Lisa OS 7 / 7 3,1 pada tahun 1984, dan dapat di upgrade oleh sistem itu sendiri, tapi sistem ini belum memakai (GUI).


VisiCorp Visi On (dirilis pada 1984)


VisiCorp pertama kali dikembangkan GUI desktop yang ditujukan untuk IBM PC. Sistem ini ditargetkan untuk perusahaan-perusahaan besar dan hadir dengan harga yang tinggi. Sistem GUI ini memanfaatkan mouse dengan built-in installer serta tidak menggunakan ikon pada tampilannya.

Mac OS System 1.0 (dirilis pada 1984)


Sistem 1.0 sistem operasi pertama yang dikembangkan GUI untuk Macintosh. Beberapa fitur ini merupakan dari sistem operasi modern, karena pada setiap jendela (window) sudah disertai dengan ikon. Pada setiap jendela dapat dipindahkan dengan mouse dan tak hanya jendela, file dan folder pun dapat disalin dengan hanya menyeret dan menempatkan (dragging and dropping) ke lokasi atau target yang diinginkan pengguna.


Amiga Workbench 1.0 (dirilis pada 1985)



Ketika pertama kali dirilis, saat itu Amiga berada di posisi depan, karena sistem GUI ini sudah memiliki fitur warna (empat warna: hitam, putih, biru, oranye), kemampuan multitasking, dukungan suara stereo dan mengatur ikon (selected dan unselected).
   

Windows 1.0x (dirilis pada 1985)




Di tahun ini, Microsoft akhirnya berhasil mengejar posisi seluruh sistem operasi antarmuka dengan merilis Windows 1.0, pertama sistem operasi berbasis GUI (meskipun tidak ada yang berani untuk mengakui sebagai salah satunya). Sistem ini menampilkan 32 × 32 piksel ikon dan warna grafis. Fitur yang paling menarik lainnya (yang kemudian dihilangkan) adalah ikon animasi jam analog. 
   


GEM (dirilis pada 1985)




GEM (Graphical Environment Manager) adalah gaya windowing GUI diciptakan oleh Digital Research, Inc (DRI). GEM awalnya dibuat untuk digunakan dengan CP / M sistem operasi pada Intel 8088 dan Motorola 68000 mikroprosesor dan kemudian dikembangkan untuk bisa berjalan di DOS juga. Kebanyakan orang akan mengetahui GEM sebagai salah satu GUI untuk komputer Atari ST. GEM juga digunakan pada seri Amstrad komputer IBM yang kompatibel dan merupakan inti untuk Ventura Publisher dan beberapa program DOS lainnya.

1986 – 1990

IRIX 3 (dirilis pada 1986, first release 1984)





IRIX merupakan sistem operasi 64-bit yang diciptakan untuk UNIX. Sebuah fitur menarik pada GUI ini adalah dukungan untuk ikon vektor. Fitur ini sudah memakai GUI dan merupakan pelopor bahkan sebelum Mac OS X merilisnya.


GEOS (dirilis pada 1986)




The GEOS (Graphic Environment Operating System) sistem operasi ini dikembangkan oleh Berkeley Softworks (Kemudian GeoWorks). Sistem ini awalnya dirancang untuk Pengolah kata Commodore 64 dan dengan tampilan grafis yang disebut geoWrite Cat dan sebuah program yang Disebut geoPaint.

Windows 2.0x (dirilis pada 1987)




Dalam versi ini, perkembangan GUI telah membaik secara signifikan diantaranya, Jendela bisa tumpang tindih, dapat diubah ukurannya, dimaksimalkan dan diminimalkan.
   



OS/2 1.x (dirilis pada 1988)



OS / 2 awalnya dikembangkan bersama oleh IBM dan Microsoft, tetapi pada tahun 1991 kedua perusahaan berpisah dengan menggabungkan teknologi Microsoft GUI pada Windows-nya sendiri dan IBM mengembangkan OS / 2. GUI yang digunakan dalam OS / 2 yang disebut “Presentation Manager”. Versi ini hanya didukung GUI dan ikon monokrom.
   

NeXTSTEP / OPENSTEP 1.0 (dirilis pada 1989)
Steve Jobs muncul dengan ide untuk menciptakan komputer yang sempurna untuk sebuah riset di universitas dan laboratorium. Ide ini kemudian berkembang menjadi sebuah perusahaan bernama NeXT Computer Inc. Komputer NeXT yang pertama dirilis pada tahun 1988, kemajuan yang signifikan ini dibuat pada tahun 1989 dengan pembebasan dari 1.0 NeXTSTEP GUI, yang kemudian berkembang menjadi OPENSTEP. GUI’s tersebut tampil dengan ikon lebih besar (48 × 48) dan memperkenalkan warna tambahan. GUI tersebut awalnya memiliki warna monokrom, tapi versi 1.0 juga mulai mendukung monitor warna. Dengan GUI modern, Screenshot ini memberikan beberapa kemudahan dalam mengoperasikannya.
OS/2 1.20 (dirilis pada 1989)
Versi berikutnya merupakan upgrade dari versi minor GUI yang menunjukkan sedikit perbaikan di banyak area. Ikon tampak lebih bagus dan tampilan jendela yang halus.
Windows 3.0 (dirilis pada 1990)
   
Dengan versi ini, Microsoft telah menyadari potensi terhadap perkembangan GUI mereka dan mulai meningkatkan secara signifikan. Sistem operasi itu sendiri mendukung peningkatan standar dan mode 386, yang dibuat menggunakan kapasitas memori yang lebih tinggi dari 640 KB dan penyimpanan data dengan menggunakan hard disk, sehingga kemampuan untuk menggunakan resolusi layar yang lebih tinggi dan tampilan grafis yang lebih baik, seperti Super VGA 800 × 600 dan 1024 × 768 . Selain itu, Microsoft menyewa Susan Kare untuk merancang ikon Windows 3.0 untuk ditambahkan pada GUI.

1991 – 1995
Amiga Workbench 2.04 (dirilis pada 1991)
Banyak sekali perbaikan GUI yang dilakukan pada versi ini. Skema warna berubah dan tampak 3D pun sudah diperkenalkan. Desktop dapat dibagi secara vertikal ke resolusi layar yang berbeda serta kedalaman warna yang kini tampak sedikit aneh. Resolusi default Workbench adalah 640 × 256, tetapi harus didukung perangkat keras dengan resolusi yang lebih besar juga.
Mac OS System 7 (dirilis pada 1991)
Mac OS versi 7.0 adalah GUI pertama pada Mac OS dengan dukungan warna. Tampilan halus dengan nuansa warna abu-abu, biru dan kuning serta ditambahkan pula pada setiap ikon.
   


Windows 3.1 (dirilis pada 1992)
Versi Windows disertai TrueType font yang pra-instal. Hal ini secara efektif untuk pertama kalinya Windows membuat sebuah desktop publishing platform fungsional. Sejak Windows 3.0, Adobe Type Manager (ATM) sistem font dari Adobe sudah mulai berfungsi. Versi ini juga berisi skema warna bernama Hotdog Stand, yang berisi warna cerah merah, kuning dan hitam. Skema warna ini dirancang untuk membantu orang-orang yang buta warna saat melihat teks / gambar pada layar monitor.
OS/2 2.0 (dirilis pada 1992)
   
Ini adalah GUI pertama yang menjadi sasaran penerimaan internasional, dalam hal kegunaan dan aksesibilitas. Seluruh GUI yang dikembangkan menggunakan desain object-oriented. Setiap file dan folder adalah suatu objek yang dapat dikaitkan dengan file lain seperti folder dan aplikasi. Hal ini juga mendukung fungsi drag dan drop serta template.
Windows 95 (dirilis pada 1995)
User interface benar-benar dirancang ulang sejak versi 3.x. Ini adalah versi Windows pertama di mana sebuah tombol ditambahkan ke setiap jendela (Minimal, Maximal dan Restore). Tim desain memberikan area (dapat diaktifkan, dinonaktifkan, dipilih, diperiksa, dll) untuk ikon dan grafis lainnya. Dan perkembangan pada versi ini untuk pertamakalinya adalah dengan adanya Tombol Start yang terkenal saat itu.Ini merupakan salah satu kemajuan Microsoft mengenai sistem operasi itu sendiri dan serta tampilan GUI.
   
1996 – 2000
OS/2 Warp 4 (dirilis pada 1996)
IBM merilis OS / 2 Warp 4 yang membawa signifikan dengan facelift ke setiap jendela atau ruang. Ikon diletakkan di desktop, di mana file dan folder custom juga bisa dibuat. Dalam versi ini juga menyertakan fungsi penghapusan (Shredder) yang mirip dengan Windows ‘Recycle Bin’ atau Mac OS ‘Trash’. Perbedaan dalam fungsi ini yaitu saat menghapus file atau folder secara langsung dan tidak menyimpannya terlebih dahulu yang memungkinkan pengguna dapat menggunakannya atau mengembalikannya.
Mac OS System 8 (dirilis pada 1997)
Mac OS 8 merupakan salah satu pengadopsi awal dari gaya isometrik ikon yang disebut pseudo-3D ikon. Tema warna Abu platinum yang digunakan di sini menjadi merek dagang untuk versi masa depan GUI.
Windows 98 (dirilis pada 1998)
Gaya ikon hampir sama seperti dalam Windows 95, dan untuk rendering seluruh GUI bisa menggunakan lebih dari 256 warna. Windows Explorer hampir sepenuhnya berubah dan “Active Desktop” muncul untuk pertama kalinya.
  

KDE 1.0 (dirilis pada 1998)
KDE berusaha untuk memenuhi kebutuhan untuk sebuah desktop yang mudah digunakan untuk Unix workstation, mirip dengan lingkungan desktop yang bisa ditemukan pada MacOS atau Window95/NT. Sistem ini sepenuhnya gratis termasuk kode sumbernya yang dapat dimodifikasi.
BeOs 4.5 (dirilis pada 1999)
Sistem operasi BeOS dikembangkan untuk komputer pribadi. Pada awalnya ditulis BeIn pada tahun 1991 untuk dijalankan pada hardware BeBox. Hal ini kemudian dikembangkan lebih lanjut untuk memanfaatkan teknologi dan perangkat keras yang lebih baru seperti multiprocessing simetris dengan memanfaatkan modul I / O bandwidth, merasuk multithreading, multitasking dan 64-bit sistem file journal dikenal sebagai BFS.


GNOME 1.0 (dirilis pada 1999)
Desktop GNOME ini diutamakan untuk Red Hat Linux, kemudian dikembangkan lagi untuk distributor Linux lainnya juga.
2001 – 2005
Mac OS X (dirilis pada 2001)
Pada awal tahun 2000 Apple mengumumkan sistem operasi dengan tampilan Aqua dan pada tahun 2001 perusahaan tersebut merilis sistem operasi baru yang disebut Mac OS X. Dengan ukuran ikon default 32 x 32 dan 48 x 48 yang dapat diubah menjadi 128 x 128 piksel anti-alias dan ikon semi-transparan. Banyak kritik setelah merilis GUI ini. Tampaknya pengguna belum cukup siap oleh perubahan besar ini, tetapi mereka (konsumen) cukup cepat mengadopsi gaya baru GUI ini.


Windows XP (dirilis pada 2001)
Sejak sistem operasi dirilis, Microsoft cenderung sepenuhnya ke GUI, tidak terkecuali Windows XP. Pada versi ini tampilan GUI Windows mengalami perubahan total dan skinnable, sehingga pengguna dapat mengubah seluruh tampilan GUI serta tampilan Ikon pun dapat di ubah secara otomatis.
KDE 3 (dirilis pada 2002)
Sejak versi 1.0, K Desktop Environment mengalami perubahan secara signifikan. Mereka merubah semua fitur grafis dan ikon sehingga terlihat menyatu di setiap jendela.




2007 – 2009 (current)
Windows Vista (dirilis pada 2007)
Ini adalah respon Microsoft kompetisi mereka. Mereka juga cukup banyak penambahan fitur 3D dan animasi. Sejak Windows 98, Microsoft telah selalu berusaha meningkatkan desktop. Dengan Windows Vista mereka merilis widget yang baik sebagai pengganti Active Desktop.

Mac OS X Leopard (dirilis pada 2007)
Dengan 6 generasi, sistem Mac OS X Apple, sekali lagi meningkatkan user interface, GUI merupakan sebuah dasar untuk versi Aqua seperti candy scroll dan grey platinum, serta warna biru. Dalam GUI yang baru ini terdapat fitur 3D yang terlihat jelas, 3D dock terbaru dan banyak lagi animasi interakitf.
GNOME 2.24 (2008)
GNOME menempatkan banyak perubahan dalam menciptakan tema dan karya seni ke v2.2.4 dengan tujuan “untuk membuat komputer terlihat baik”.
KDE (v4.0 Jan. 2008, v4.2 Mar. 2009)
Versi 4 dari K Desktop Environment menghasilkan banyak peningkatan baru pada GUI seperti animasi, rapih, pengelolaan jendela yang efisien dan adanya dukungan untuk desktop widget. Ukuran ikon mudah diatur dan hampir setiap desain elemen akan jauh lebih mudah untuk dikonfigurasi. Beberapa perubahan yang paling mencolok meliputi ikon baru, tema dan suara, yang disediakan oleh proyek Oxygen. Semua ikon ini akan lebih fotorealistik. Ini jelas merupakan suatu kemajuan besar dari KDE versi sebelumnya. Kini dapat juga dijalankan di platform Windows dan Mac OS X.

Tahun 2010
Windows7 : Sistem Operasi ini merupakan penyempurna dari sistem operasi yang di buat sebelumnya oleh microsoft. Bisa dikatakan bahwa sistem operasi ini merupakan sistem operasi terbaik yang ada pada saat ini.

Tahun 2012-Sekarang




Dan sekarang yang Sistem Operasi terbaru yang telah dilincurkan oleh Microsoft adalah Windows 8 dan windows 8.1 . Sistem Operasi ini memliki tampilan yang sangat menarik dibandingkan dengan Windows-Windows lain yang sebelumnya.


2. Sistem Operasi Handphone
                
                              Seperti halnya system operasi pada komputer, sistem operasi ponsel adalahsoftware utama yang melakukan menejemen dan kontrol terhadap hardwaresecara langsung serta menejemen dan mengotrol software-soft lain sehingga software-software lain tersebut dapat bekerja. Sehingga suatu system operasi ponsel (mobile operating system) akan bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel tersebut seperti, skedulling task, keyboard, WAP, email, text message, sinkronisasi dengan aplikasi dan perangkat lain, memutar musik, camera, dan mengontrol fitur-fitur lainnya. Banyak perusahaan ponsel yang membenamkan system operasi dalam produknya baik pada PDA, Smartphone maupun handphone.
 Perkembangan aplikasi atau game selular (mobile content)sangat cepat, perusahaan pembuat mobile Operating System (OS) telah berlomba untuk memasarkan produk-produk mereka dengan menciptakan fungsi-fungsi dan teknologi yang kian hari kian memanjakan pengguna smartphone (selular yang ber-OS) dari segi entertainment dan fungsionalitas penggunaan selular untuk memudahkan tugas sehari-hari. Selain berfungsi untuk mengkontrol sumber daya hardware dan software ponsel seperti keypad, layar, phonebook, baterai, dan koneksi ke jaringan, sistem operasi juga mengontrol agar semua aplikasi bisa berjalan stabil dan konsisten.Sistem operasi harus dirancang fleksibel sehingga para software developer lebih mudah menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang canggih. Keunggulan lain dari ponsel yang ber-OS adalah memiliki kebebeasan lebih untuk men-download berbagai aplikasi tambahan yang tidak disediakan oleh vendor ponsel Sistem operasi-sistem operasi tersebut diantaranya adalah 
• Sistem operasi Symbian 
• Windows Mobile 
• Sistem operasi Palm 
• Mobile Linux 
• Sistem operasi Blackberry

Sistem operasi Symbian 
Sistem operasi Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak mobile).Symbian merupakan perusahaan independen hasil kolaborasi vendor-vendor raksasa pada masa itu yakni Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion. Nokia sebagai pemegang saham terbesar dengan angka 47,9 persen. Banyak dari produk nokia ber-OS Symbian (termasuk ponsel saya, NOKIA 6120 Classic, OS Symbian S60 v9.0 3rd edition). Symbian dipandang lebih unggul karena: 
1.      Sistem operasi ini sejak awal dirancang khusus untuk ponsel. Berbeda dengan Microsoft dan Linux yang diadopsi dari komputer. 
2.      Berkat fitur CC+, Java (J2ME) MIDP 2.0, PersonalJava 1.1.1a, dan WAP, Sistem operasi symbian ini sangat terbuka sehingga siapapun bisa mengembangkannya. terbukti banyak beredar aplikasi-aplikasi tambahan untuk OS berbasis Symbian atau platform Java. 
3.      Symbian menyediakan suatu user interface (UI) framework yang fleksibel, sehingga supaya para vendor bisa menvariasikan produk-produknya. Ada empat jenis UI yang beredar saat ini yaitu: Series 60 (misalnya Nokia N70, N91, Siemens SX1, Samsung D700, D710, Panasonic X700, X800); Series 80 (Nokia N9210, 9210i, 9300); Series 90 (Nokia 7700 dan 7710); UIQ (Sony Ericsson P800, P900, P910, Motorola A920, A925, A1000, A1010). Symbian MOAP (Mobile Oriented Applications Platform), contohnya adalah Mitsubishi D800iDS yang memiliki dual screen yang pengoperasiannya mirip dengan Nintendo DS yaitu 2 screen dan hanya screen bagian bawah yang memiliki fungsi touch screen.

4.      Symbian telah mengeluarkan Operating System untuk smartphone terbaru nya yaitu versi 9.3, Symbian menyatakan bahwa versi 9.3 ini akan lebih mempercepat, mempermurah dan mempermudah para vendor handphone dan para operator untuk mendapatkan servis dan fasilitas terbaik seperti mendukung WiFi, Firmware update secara online (FOTA), dukungan HSDPA, VoIP melalui IPSec, dukungan secara native untuk Push To Talk, dukungan Java JSR 248, Platform sekuriti yang lebih stabil dan lebih baik untuk memproteksi dari virus dan spam, dukungan untuk fasilitas graphic 3D yang lebih baik (vector floating point).
Windows Mobile Adalah sistem operasi seluler yang ditawarkan oleh Microsoft.Sistem operasi Windows Mobile dimulai dari 

• Pocket PC 2000 
• Pocket PC 2002 
• Windows Mobile 2003. Memiliki 4 edisi, yaitu : Windows Mobile 2003 for Pocket
Premium Edition, Windows Mobile 2003 for Pocket PC Professional Edition, Windows Mobile 2003 for Smartphone, dan Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition 
• Windows Mobile 2003 Second Edition (Windows Mobile 2003 SE) 
• Windows Mobile 5 
• Windows Mobile 6, memiliki 3 versi, yaitu : Windows Mobile 6 Standard for Smartphone (phone without touchscreen), Windows Mobile 6 Professional for Pocket PC with phone functionality, dan Windows Mobile 6 Classic for Pocket PCs without cellular radio. Contoh: Eten Glofiish X650 menggunakan Windows Mobile 6.0 Profesional
Versi terbaru yang sedang dikembangkan Microsoft adalah Photon, yang didasarkan pada Windows Embedded CE 6.0 dan diharapkan dapat mengintegrasikan versi smartphone dan Pocket PC. Contoh perangkat yang ber-OS Windows Mobile seperti Audiovox SMT 5600, iMate SP3i, Samsung SCH-i600, Mio 8390, Sagem myS-7, Orange SPV C500, HP iPAQ rw6100, Motorola MPx220, O2 Xphone, dan O2 Xphone II. PDA adalah Acer n30, ASUS My Pal A716, HP iPAQ h5555, dan Mio 558.

Keunggulan yang ditawarkan seperti 
1.Sebagian besar teknologi IT (information technology) yang dipakai berbasis Windows, kecocokan dalam hal platform serta ekstensi yang mudah dengan software komputer dipandang bahwa Microsoft dianggap lebih ideal dibandingkan Symbian atau Linux.
2. Windows Mobile menawarkan berbagai fitur unggulan seperti Mobile Blog, GPS, menonton televisi, serta Mobile Database. Kelemahannyan adalah Windows Mobile bersifat tertutup sehingga sulit bagi software developer independen untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru.
Mobile Linux Ponsel Linux pertama diluncurkan oleh Motorola pada bulan Februari 2003.Motorola seri A760 yang dirilis pertama kali di Cina ini menggunakan OS kombinasi dari kernel Linux yang didistribusikan oleh software Silicon Valley-based Monta Vista dan software lainnya dari bahasa pemrograman Java Sun Microsystems.Sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google adalah Android.Platform software berbasis Linux diantaranya adalah MOTOMAGX dan Qtopia.MOTOMAGX merupakan platform Linux mobile dari Motorola.Produk pertama yang didasarkan pada platform ini adalah ponsel MOTOROKR Z6 dan MOTORAZR2 V8.Qtopia Phone Edition merupakan platform software dan antarmuka untuk Linux, yang dikembangkan oleh perusahaan Trolltech. Qtopia Greenphone, merupakan perangkat pengembangan Linux mobile yang ditujukan untuk berbagai aplikasi baru.
Kelemahannya adalah aplikasi tambahan yang belum banyak beredar, serta Linux dibangun untuk mengoprasikan sistem dengan tenaga besar, sehingga manajemen sumber daya baterai masih kalah efektif dibandingkan OS lainnya.
Kelebihannya adalah Linux sebagai OS yang ideal bagi ponsel karena dukungan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti IBM, Oracle, dan Intel.Selain itu, sistem ini nilai lebih fleksibel dan menawarkan memori yang lebih kecil serta bisa lebih dihemat.
Contoh ponsel ber-Linux OS: Haier N60, Motorola A760, E895, NEC N900iL, dan Samsung SCH-i519. Produk-produk PDA seperti Sharp SL-C3000, Sharp Zaurus SL-C1000, Compaq iPAQ, IBM e-LAP reference design, dan Nokia 770 Internet Tablet.
Sistem operasi BlackBerry Perusahan telekomunikasi asal Canada, Reserch in Motion (RIM), mengembangkan perangkat komunikasi bergerak. Awalnya produk mereka adalah memproduksi dan layanan penyeranta (Pager) dua arah, namun dalam perkembangannya perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan pearangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan push-email, dan sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti, GPS, internet mobile, serta dapat mengakses Wi-FI. RIM sebagai developer untuk sistem operasi blackberry telah mengeluarkan sistem operasi baru dengan salah satu aplikasi yang tertanam didalamnya adalah Document to Go versi trial buatan DataViz, suatu aplikasi yang memiliki fungsi officeseperti Word to Go, Presenter to Go yang otomatis memiliki Sheet to Go sebagai aplikasi Spreadsheet.
System operasi Palm Contoh peproduk yang menanamkan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680 Smartphone ini menggunakan system operasi Palm, yaitu Palm OS 5.4.9 dengan prosesor Intel PXA270, 312MHz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.

Sistem operasi android

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux.Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
1. Android versi 1.1
Andoid versi 1.1 di rilis pada 9 Maret 2009 oleh Google.  Android versi ini dilengkapi disupport oleh Google Mail Service dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

2. Android versi 1.5 Cup Cake
Android Cup Cake di rilis pada pertengahan Mei 2009, masih oleh Google Inc. Adroid ini dilengkapi software development kit dengan berbagai pembaharuan termasuk penambahan beberapa fitur antara lain yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube, upload gambar ke Picasa langsung dari telepon, serta mendapat dukungan Bluetooth A2DP.

3. Android versi 1.6 Donut
Android Donut di rilis pada September 2009 menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibandingkan versi-versi sebelumnya. Selain itu Android Duut memiliki fitur-fitur tambahan seperti galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech. Android Donut juga dilengkapi  baterai indikator, dan kontrol applet VPN.

4. Android versi 2.0/2.1 Eclair
Android Eclair dirilis pada 3 Desember 2009. Perubahan yang ada antara lain adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Android Eclair merupakan Adroid pertama  yang mulai dipakai oleh banyak smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface.

5. Android versi 2.2 Froyo (Frozen Yogurt)
Android Froyo dirilis pada 20 mei 2012. Adroid versi ini memiliki kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali dari versi-versi sebelumnya. Selain itu ada penambahan fitur-fitur baru seperti dukungan Adobe Flash 10.1,  intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

6. Android versi 2.3 Gingerbread
Andoid Gingerbread di rilis pada 6 Desember 2010. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

7. Android versi 3.0/3.1 Honeycomb
Android Honeycomb di rilis pada awal 2012. Merupakan versi Android yang dirancang khusus untuk device dengan layar besar seperti Tablet PC. Fitur baru yang ada pada Android Honeycomb antara lain yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah tablet Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011. Selain itu sebuah perangkat keras produksi Asus  bernama Eee Pad Transformer juga menggunakan OS Android honeycomb dan diharapkan akan masuk ke pasaran Indonesia pada Mei 2011.

8. Android versi 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich)
Android Ice Cream Sandwich diumumkan secara resmi pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco), pihak Google mengklaim Android Ice Cream Sandwich akan dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Android Ice Cream Sandwich membawa fitur Honeycomb untuk smartphone serta ada penambahan fitur baru seperti membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus.

9. Android versi 4.1 Jelly Bean
Android Jelly Bean juga diluncurkan pada acara Google I/O  10 Mei 2011 yang lalu. Android versi ini membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru, diantaranya peningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Versi ini juga dilengkapi Google Now yang dapat memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 pertama kali digunakan dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.
10.Android versi 4.2 Jelly Bean
Fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), widget terbaru. Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4.

9. Android versi 4.4 Kitkat

Google mengumumkan Android 4.4 Kitkat (dinamai dengan izin dari Nestle dan Hersey) pada 3 September 2013, dengan tanggal rilis 31 Oktober 2013. Sebelumnya, rilis berikutnya setelah Jelly Bean diperkirakan akan diberi nomor 5.0 dan dinamai 'Key Lime Pie'.


Daftar Pustaka : wikipedia.com


Selasa, 16 September 2014

Tokoh Berpengaruh Bidang Komputasi

1)      John Napier (1550-1617)




John Napier adalah seorang teolog Skotlandia terkenal dan ahli matematika yang hidup antara 1550 dan 1617. Dia menghabiskan seluruh hidupnya mencari pengetahuan, dan bekerja untuk menemukan cara-cara yang lebih baik melakukan segala sesuatu dari menanam tanaman untuk melakukan perhitungan matematis. Napier begitu cerdas, banyak warga lokal percaya dia berada di liga dengan Iblis, namun klaim tersebut tidak pernah pergi lebih jauh dari rumor, Bahkan, Napier sendiri, dan Protestan bersemangat, menuduh Paus sebagai Anti-Kristus, dan dalam dokumen yang dianggap prestasi terbaiknya, pergi sejauh memprediksi akhir dunia.
Selain menjadi seorang yang terpelajar, Napier juga seorang bangsawan, baron, Laird-7 Merchiston, dan pemilik real yang cukup. Napier dicintai oleh semua, dan ia dihormati oleh banyak ilmuwan terkenal dan matematikawan zaman, ke titik yang dianggap semacam superstar ilmiah, dengan "penggemar" menunggu publikasi berikutnya cara kita menunggu rilis film atau album pop.

Napier "greatest hits" mencakup teks terobosan seperti A Deskripsi Tabel Mengagumkan dari Logaritma, dan penemuannya meramal batang digunakan sebagai tabel perkalian. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang orang ini menarik yang selamanya akan memiliki tempat terhormat di samping nama-nama besar seperti Nicolaus Copernicus, Johannes Kepler, Galileo Galilei, Tycho Brahe, dan tokoh-tokoh lainnya dalam sejarah ilmu pengetahuan, cukup pilih tujuan Anda dari menu kami.




2)      Wilhelm Schickard (1592-1635)




Wilhelm Schickard menciptakan mesin penghitung .Pada 1623, Schickard menciptakan mesin penghitung, yang disebut oleh orang-orang sezamannya yang Mempercepat Jam atau Menghitung Jam. Ini mendahului kurang serbaguna Pascaline Pascal dan Leibniz Melangkah Reckoner oleh dua puluh tahun.

Surat Schickard Johannes Kepler menunjukkan bagaimana menggunakan mesin untuk menghitung tabel astronomi. Mesin bisa menambah dan mengurangi angka enam digit, dan menunjukkan limpahan kapasitas ini dengan dering bel; untuk menambah perhitungan yang lebih kompleks, satu set tulang Napier yang dipasang di atasnya. Surat Schickard menyebutkan bahwa mesin asli hancur dalam kebakaran saat masih lengkap. Desain yang hilang sampai abad ke-19; replika bekerja akhirnya dibangun pada tahun 1960.

Sstudi bahasa klasik dan survei tanah Swabia di barat daya Jerman, Wilhelm Schickard teolog, profesor bahasa Ibrani di Tübingen universitas, ditangani secara intensif dengan matematika dan astronomi. Untuk mengatasi dan mewakili masalah di daerah ini, ia dikandung model yang ia mencatat dalam tulisan-tulisan rinci dan sketsa. Ini termasuk "perhitungan astronomi tongkat" (yaitu tabel astronomi pada Napier tulang seperti tongkat) di sekitar 1630 dan planetarium tangan di sekitar 1632.-Nya "menghitung jam" dari 1623 menguasai empat operasi dasar aritmatika dan memiliki built-in memori : awalnya, dia punya itu dibangun untuk digunakan sendiri. Schickard, yang tidak pernah meninggalkan Jerman selatan, terlibat dalam korespondensi panjang dengan ulama lainnya. Johannes Kepler adalah salah satu yang menunjukkan minat dalam bantuan ini untuk perhitungan orbit planet yang kompleks. Mesin penghitung kedua, namun, tidak pernah dibangun sejak Schickard meninggal tak lama setelah itu dari wabah.

Wilhelm Schickard 1592-1635, Astronom, geograph, Orientalis, Erfinder der Rechenmaschine', Tübingen, mesin 1978Schickard itu tidak diprogram - desain pertama untuk komputer diprogram datang sekitar 200 tahun kemudian, dan diberikan oleh Charles Babbage. Mesin kerja pertama program-dikendalikan selesai lebih dari tiga abad kemudian, oleh Konrad Zuse, yang menciptakan Z3 tahun 1941.

The Institute for Computer Science di University of Tübingen disebut Wilhelm Schickard--Institut für Informatik untuk menghormatinya



3)      Blaise Pascal (1623-1662)



Blaise Pascal adalah matematika paling terkenal Perancis dan fisikawan dan filsuf agama. Dia adalah seorang anak ajaib yang dididik oleh ayahnya. Dia bekerja pada bagian berbentuk kerucut dan geometri proyektif dan ia meletakkan dasar bagi teori probabilitas. Pada tahun 1642, pada usia 18, Pascal menciptakan dan membangun kalkulator digital pertama sebagai sarana untuk membantu ayahnya melakukan akuntansi pajak membosankan. Ayah Pascal adalah pemungut cukai untuk kota Rouen.

Perangkat ini disebut kalkulator Pascal atau Pascaline atau Arithmetique. Pascal terus melakukan perbaikan desain melalui dekade berikutnya dan membangun lima puluh mesin Pascaline total.

Yang pertama Pascaline hanya bisa menangani angka 5-digit, tetapi kemudian Pascal dikembangkan 6 digit dan 8 versi digit Pascaline. Kalkulator memiliki cepat roda logam yang beralih ke nomor yang tepat dengan menggunakan stylus; jawaban muncul di kotak di bagian atas kalkulator. Blaise dihitung adalah kotak kuningan dipoles, sekitar 350mm dengan 125 mm dengan 75mm. Itu cukup kompak untuk dibawa. Di atas adalah deretan delapan cepat bergerak, dengan angka dari 0 sampai 9, yang dapat digunakan untuk menambahkan kolom hingga delapan angka.

Dial kanan mewakili mendustakan, tombol berikutnya diwakili sous, dan sisanya untuk livre, franc modern. Mesin dapat digunakan sama baiknya untuk pence, shilling, dan pound.

Mesin bisa menambah, mengurangi, mengalikan, dan membagi. Perkalian dan pembagian yang agak sulit untuk dilakukan, dengan melakukan perkalian dan pembagian dengan penambahan secara berulang dan pengurangan. Bahkan mesin bisa benar-benar hanya menambah, karena pengurangan yang dilakukan dengan menggunakan teknik pelengkap, di mana nomor yang akan dikurangi pertama-tama diubah menjadi pelengkap, yang kemudian ditambahkan ke nomor pertama. Kedua operasi ini dimungkinkan jika dianggap perkalian sebagai bentuk penambahan dan pembagian bentuk pengurangan. Misalnya, untuk memperbanyak 1234 oleh 567 orang akan mendaftar 1234 tujuh kali dimulai dengan dial di sebelah kanan. Dial berikutnya akan digunakan untuk mendaftar 1234 enam kali. Akhirnya, tombol berikutnya akan mendaftar 1234 lima kali. Tarik pegangan dan jawabannya akan muncul. Yang cukup menarik, komputer modern menggunakan teknik pelengkap serupa.

Ada masalah yang dihadapi oleh Pascal dalam desain kalkulator yang karena desain mata uang Perancis pada waktu itu. Ada 20 sols di livre dan 12 mendustakan dalam sol. Sistem ini tetap di Prancis sampai 1799 namun di Inggris sistem dengan kelipatan yang sama berlangsung hingga 1971 Pascal harus memecahkan masalah jauh lebih sulit teknis untuk bekerja dengan pembagian ini livre ke 240 daripada ia akan memiliki jika divisi telah 100.

Pascal berusaha untuk menempatkan mesin ke dalam produksi untuk keuntungan sendiri. Ini bukan usaha yang sukses, tapi itu mengakibatkan sejumlah besar unit yang masih hidup sampai sekarang. Mereka semua sedikit berbeda dalam bahwa mereka memiliki nomor yang berbeda dari digit dalam akumulator atau perbedaan haveslight dalam mekanisme internal. Tak satu pun dari fungsi model yang masih hidup dengan sangat baik, dan diragukan jika mereka berfungsi dengan sempurna bahkan di hari Pascal. Mekanisme, meskipun cerdik, agak halus dan rentan terhadap memberikan hasil yang salah bila tidak ditangani dengan sangat hati-hati. Beberapa dari mereka akan, misalnya, menghasilkan carrys ekstra dalam certaindigits akumulator ketika mereka bertemu atau mengetuk bahkan sedikit.


Replika yang dibuat oleh Selektif Pendidikan Peralatan, Inc dari 3 Bridge Street, Newton MA 02195. SEE Kalkulator adalah replika kecil dari Pascal-jenis adder dibuat untuk menggambarkan mekanisme. Tunggal Register, Pascal Wheel, Teknik, 1968, Amerika Serikat, 18x4x1 cm. Transparan SEE Kalkulator di mana Anda benar-benar dapat melihat bagaimana mesin ini bekerja hitung sederhana. Pada tahun 1964, itu dijual seharga US $ 3,25.
4)      Gottfried Wilhelm Leibniz (1646-1716)
Leibniz, kadang-kadang disebut jenius universal yang terakhir, ditemukan setidaknya dua hal yang penting untuk dunia modern: kalkulus, dan aritmatika biner didasarkan pada bit.
Fisika modern, matematika, teknik akan terpikirkan tanpa bekas: metode dasar berurusan dengan angka yang sangat kecil. Leibniz adalah orang pertama yang menerbitkannya. Ia mengembangkan sekitar 1673. Pada 1679, ia menyempurnakan notasi untuk integrasi dan diferensiasi bahwa setiap orang masih menggunakan hari ini.

Aritmatika biner didasarkan pada sistem dual ia menemukan sekitar 1.679, dan diterbitkan pada 1701 ini menjadi dasar dari hampir semua komputer modern.


5)      Joseph-Marie Jacquard (1752-1834)




Jacquard, anak seorang penenun sutra miskin di Lyons, pertama kali ditemukan mesin untuk menenun jaring ikan. Dia mulai eksperimen untuk meningkatkan tenun alat tenun biasa di sekitar 1790 tapi terputus karyanya untuk bertarung dengan Revolusioner Perancis. Pada 1804, ia pergi ke Paris untuk memperbaiki tenun Vaucanson ini . Dia memperbaiki ide awal dan menggunakan sebuah lingkaran tak berujung kartu menekan untuk mengendalikan pola tenunan oleh alat tenun. Pada tahun 1812 ada 11.000 dari Jacquard tenun baru digunakan, meskipun permusuhan dari penenun yang takut bahwa hal itu akan menjauhkan mereka dari pekerjaan. Terinspirasi oleh tenun Jacquard, menekan kartu yang digunakan oleh Babbage untuk menyimpan program Analytical Engine, dan oleh Hollerith untuk menyimpan data untuk 1890 sensus AS.


6)      Charles Babbage (1791-1871)




Dalam sejarah komputer, Charles Babbage sering dirayakan sebagai "pelopor komputer pertama" dan sebagai ilmuwan dan penemu yang 100 tahun dari waktu ke depan. Reputasi ini terutama didasarkan pada penemuan Analytical Engine, sebuah mesin hitung otomatis mekanik yang menampilkan unit aritmetika dan logika, memori, input / output, dan kontrol sekuensial melalui kartu menekan.

Charles Babbage, putra seorang bankir yang lahir tahun 1791 di Walworth, Inggris, belajar matematika di Cambridge University dari 1810 sampai 1814. Pada 1816, ia menjadi Fellow dari Royal Society of London, masyarakat ilmiah yang paling penting di Inggris. Setelah kematian ayahnya, ia mandiri secara finansial dan memberikan pengaruh besar pada perkembangan ilmu pengetahuan di Inggris tanpa pernah memegang jabatan resmi. Dia tidak hanya yang beredar matematika dan penemu tetapi juga pembaharu ilmu pengetahuan dan masyarakat. Ketenaran awal Babbage adalah karena penemuan Difference Engine. Pekerjaannya dengan persiapan tabel matematika - aktivitas memakan waktu yang rawan kesalahan - memberinya ide pada tahun 1821 melakukan hal ini secara otomatis dengan bantuan mesin yang akan total perbedaan.

Pembangunan Difference Engine, yang terdiri dari 25.000 bagian, berkembang menjadi salah satu proyek ilmiah berskala besar pertama, meskipun akhirnya gagal. Pada tahun 1833, bekerja pada pembangunan mesin itu dihentikan setelah perselisihan antara Babbage dan insinyur Joseph Clement. Pada saat itu, lebih banyak uang yang telah dihabiskan untuk proyek ini daripada yang telah dibutuhkan untuk membangun 20 lokomotif uap. Akhirnya, itu penemu lain yang dibangun pertama bekerja mesin perbedaan, tapi mereka semua dipengaruhi oleh ide-ide Babbage.
  
Babbage menyelesaikan mesin kedua - Analytical Engine. Meskipun Analytical Engine tidak berdampak langsung pada penemuan komputer elektronik modern, Babbage masih dianggap sebagai ilmuwan pertama dan penemu untuk memiliki ide pengembangan mesin universal.

7)      William Stanley Jevons (1835-1882)




William Stanley Jevons (1835-1882) adalah seorang ekonom Inggris dan ahli logika, tokoh utama, baik di Inggris maupun internasional, di bidang ekonomi politik dan reformasi sosial. Jevons yang paling sering dikreditkan dengan menjadi teori pertama yang membuat ekonomi disiplin matematika, dan ia dianggap sebagai salah satu pendiri dari bentuk ekonomi neo-klasik, yang mendominasi pemikiran ekonomi kita saat ini dan wacana politik.

Aspek yang paling menarik bagi kita hidupnya adalah dirancang pada tahun 1869 mesin logis untuk melakukan logika inferensi, yang disebut Logic Piano, yang merupakan mesin logika yang paling terkenal dari abad kesembilan belas.

Karya Devons Logika Piano terinspirasi oleh Stanhope Demonstran. Pembangunan perangkat diumumkan dalam bukunya 1869 buku logika, Substitusi sejenisnya. Itu adalah puncak dari serangkaian panjang penemuan dan alat bantu untuk perhitungan silogisme: alfabet logis, slate logis, cap logis, dan sempoa-semua logis alat untuk menulis dengan cepat baris tabel kebenaran dalam argumen yang logis.

Kepentingan Jevons Logika dimulai sebagai tahunan seperti pada tahun 1860, ketika ia bekerja sebagai assayer di Sydney Mint, Australia. Jevons menulis dalam buku hariannya 1860:
Seperti yang saya terbangun di pagi hari matahari bersinar cerah ke kamarku, ada kesadaran di pikiran saya bahwa saya adalah penemu logika sejati masa depan aku merasa suatu kenikmatan sebagai salah satu jarang bisa berharap untuk merasa. Aku ingat hanya terlalu cepat meskipun bagaimana tidak layak dan lemah alat saya untuk mencapai begitu besar pekerjaan dan bagaimana tidak aku bisa berharap untuk melakukannya.

Keterlibatan serius dan gairah berikutnya untuk Logic muncul ketika, sekembalinya ke Inggris, ia bertemu dengan guru sarjana mantan matematika, ahli logika yang terkenal Augustus de Morgan. Tampaknya Jevons adalah salah satu yang pertama di Inggris untuk menangkap pada pentingnya sistem logis formal yang baru dikembangkan Boole dan De Morgan.

Jevons membaca Analisis Matematika Logika dan Sebuah Investigasi Hukum Pemikiran Boole dan terpesona. Tapi dia juga melihat masalah dengan itu, dan oleh 1861 ia mengembangkan sistem sendiri logika berdasarkan apa yang akhirnya ia disebut Substitusi sejenisnya, dimana filsafat akan ditampilkan terdiri semata-mata dalam menunjukkan rupa dalam hal-hal. Pada tahun 1863 ia menerbitkan karya karya pertamanya pada subjek, Logic Murni, yang hampir tidak sukses, dengan empat eksemplar terjual dalam 6 bulan. Tapi Jevons adalah satu besar untuk persistensi.

Logika pianoIn nya 1.869 logika buku, The Substitusi sejenisnya ia menjelaskan Logical Abacus: serangkaian papan kayu dengan berbagai kombinasi istilah benar dan salah. Hal ini dimaksudkan bahwa mereka diatur di rak dan penguasa digunakan untuk menghilangkan kombinasi dikecualikan tertentu. Ini adalah garis dasar dari perangkat tersebut, dengan penambahan tuas dan katrol, Jevons memiliki pembuat jam Salford membangun untuknya di 1869. Fitted dalam kasus kayu, dan dengan keyboard dipasang di bagian depan untuk mengoperasikan mekanisme substitusi, ini adalah miliknya Logic Piano.

Logika piano (lihat gambar di dekatnya) adalah sebuah kotak kayu yang tinggi sekitar 90 cm. Sebuah pelat muka di atas keyboard ditampilkan entri dari tabel kebenaran. Sama seperti piano, keyboard memiliki tombol hitam-dan-putih, tapi di sini mereka digunakan untuk memasuki tempat. Sebagai kunci dikejutkan, batang mekanis akan menghapus dari wajah piano kebenaran-tabel entri tidak konsisten dengan tempat dimasukkan pada tombol.

Keyboard logika pianoThe Logic Piano dapat menangani hingga 4 istilah. Jevons sebenarnya sudah ingin membangun sebuah mesin yang mampu menangani hingga 16 istilah, tapi itu akan menjadi terlalu besar dan mengambil seluruh dinding di kantornya. Ekspresi logika diketik (atau mungkin dimainkan) melalui tombol keyboard (lihat gambar di dekatnya), dan memukul titik menghapus semua kombinasi mungkin dari layar. Kopula adalah sama dengan kunci, sementara tombol finis ulang mesin.

Tindakan logika piano benar-benar tidak menghasilkan kesimpulan yang dinyatakan dalam bentuk proposisi, tetapi hanya dalam tabel kebenaran entri konsisten dengan kesimpulan. Jevons bekerja gagal untuk mengatasi masalah ini, yang disebutnya masalah inversi dan yang ia agak menyesatkan terkait dengan proses induksi matematika.

Sebagai Jevons 'musuh John Venn mencatat, logika piano tidak memiliki tujuan praktis, karena ada situasi di mana silogisme sulit timbul atau di mana silogisme harus diselesaikan cukup berulang-ulang untuk membenarkan mekanisasi proses. Jevons membalas bahwa itu adalah kenyamanan untuk pekerjaan pribadi dan berguna dalam kelas logikanya.


8)      Herman Hollerith (1860-1929)




Herman Hollerith adalah ayah dari mesin pengolahan data modern. Penemuan dari mesin kartu menekan menandai awal dari era pengolah data otomatis. Sedangkan kartu menekan sebelumnya telah digunakan untuk mengendalikan alat tenun, Hollerith sekarang digunakan mereka untuk menyimpan data.

Dia mengembangkan idenya dari penghitungan listrik dan sistem sortir pada tahun 1880, saat bekerja untuk Biro Sensus Amerika Serikat, di mana ia menjadi sadar akan masalah statistik pemerintah. Sebagai seorang penemu dan insinyur, Hollerith menganggap hal itu sebagai tugasnya untuk merancang sebuah mesin yang bisa mengevaluasi data yang cepat. Pada pertengahan tahun 1880-an, ia telah menyelesaikan sistem kartu pertamanya menekan. Itu pada tahun 1889, bagaimanapun, bahwa Hollerith menjadi terkenal ketika ia menyajikan penemuannya di Pameran Dunia di Paris.

Sistem kartu punch - Dini hari pengolahan data
Mesin-mesin pertama kali digunakan dalam proyek besar untuk sensus 11 di Amerika Serikat pada 1890 62 juta kartu menekan dievaluasi oleh 43 mesin Hollerith. Bahwa telah terjadi delapan tahun untuk mengevaluasi sensus kesepuluh, sensus ini selesai hanya dalam waktu tiga tahun.

Keberhasilan ini disebabkan Hollerith untuk menemukan Tabulating Machine Company. Meskipun kebutuhan untuk pengolah data otomatis tumbuh, ia hanya membuat setengah hati upaya untuk meningkatkan penjualan. Sepanjang hidupnya, Hollerith merasa bahwa ia adalah seorang penemu dan bukan seorang pengusaha. Solusi teknis masalah jauh lebih penting baginya daripada keberhasilan bisnis penemuannya. Karakter yang tidak konvensional dan marah kekerasan membuatnya lebih dan lebih sulit untuk menjalankan perusahaan, dengan hasil bahwa itu dijual ke Komputer Tabulating Recording Company pada tahun 1911, sebuah perusahaan yang berganti nama sebagai International Business Machines Corporation (IBM) pada tahun 1924. dia bertindak sebagai konsultan bagi perusahaan selama beberapa tahun, tetapi akhirnya mundur ke dalam kehidupan pribadi.



9)      Alan Turing (1912-1954)




Dalam sebuah makalah tentang logika matematika pada tahun 1936, Alan Turing, seorang matematikawan Inggris, mengusulkan membangun sebuah mesin yang sangat sederhana yang program tidak membedakan antara data dan instruksi. Hampir sepuluh tahun sebelum komputer universal yang ditemukan, Turing telah menemukan model matematika abstrak untuk hanya mesin tersebut - mesin Turing.

Codebreaking pahlawan perang
Alan Turing lahir di London pada tahun 1912, dan dibesarkan dengan kakaknya dalam keluarga asuh di Inggris. Orang tuanya tinggal di India, di mana ayahnya bekerja di Layanan Sipil India. Turing belajar matematika di King College, Cambridge, 1931-1934, dan diangkat Fellow di sana pada tahun 1935 Selama Perang Dunia II, ia bekerja di Kode dan Cypher Pemerintah Sekolah di Bletchley Park, di mana ia memainkan peran penting dalam memecahkan Jerman Kode yang telah dihasilkan dengan mesin Enigma nol.
Pada akhir perang Turing mengalihkan perhatian ke pengembangan komputer, pertama di Laboratorium Fisika Nasional di Teddington (1945-1947), di mana ia mengembangkan konsep Automatic Computing Mesin (ACE) - maka komputer tercepat di dunia.
Pada tahun 1948, sebagai wakil direktur laboratorium komputasi di Manchester University, ia terutama terlibat dalam pemrograman Manchester Mark I Computer, di mana dia juga menulis manual user.

Pada tahun 1952 Alan Turing dihukum kursus 12 bulan tidak manusiawi pengobatan estrogen dirancang untuk memerangi homoseksualitas. Dia mengambil hidupnya sendiri satu tahun setelah menyelesaikan pengobatan, pada tanggal 7 Juni 1954 di rumahnya di Wilmslow dekat Manchester.
teori terobosan

Alan Turing konsep-konsep teoritis dan praktis sangat mempengaruhi penemuan komputer Inggris dengan memori program elektronik di tahun 1940-an dan 1950-an. 




10) Leonard Kleinrock




Leonard Kleinrock (lahir di New York City, New York, Amerika Serikat, 13 Juni 1934; umur 77 tahun) adalah seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang disebut sebagai penemu internet atau Bapak Internet. Seorang profesor ilmu komputer di UCLA Henry Samueli Sekolah Teknik dan Sains, ia membuat kontribusi penting beberapa bidang jaringan komputer, khususnya untuk sisi teoritis jaringan computer. Ia dikenal karena kontribusinya dalam dunia jaringan. Karyanya yang paling terkenal dan signifikan adalah teori pertukaran paket melalui makalahnya di tahun 1959 dan di tahun 1961 tentang pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi yang merupakan cikal bakal teknologi internet .

Pada tanggal 29 Oktober 1969 ia menciptakan salah satu penemuan terbesar menjelang abad modern yaitu Internet yang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. Leonard Kleinrockpun adalah salah satu pelopor jaringan komunikasi digital, dan membantu membangun ARPANET.

Kleinrock lahir pada tanggal 13 Juni 1934 di Kota New York, ia lulus dari Bronx High School of Science pada tahun 1951 dan ia menerima gelar Sarjana Teknik elektro dan ilmu Komputer 1957 dari City College of New York. Di tahun 1959 dan 1963, ia mendapatkan gelar master dan doktor (Ph.D.) di bidang teknik elektro dan ilmu komputer dari Institut Teknologi Massachusetts. Setelah menyelesaikan pendidian ia kemudian bergabung dengan fakultas di Universitas California di Los Angeles (UCLA), Sekolah Teknik dan Sains Terapan dimana ia bekerja di sana sebagai profesor ilmu komputer.

Pesan pertama ARPANET dikirim oleh UCLA, mahasiswa programmer Charley Kline, pukul 10.30 WIB, 29 Oktober 1969 dari boelter Hall 3420. Ia dibimbing oleh Kleinrock. Kline ditransmisikan dari Universitas Komputer SDS Sigma ke Stanford. Dua huruf yaitu LO diketik
pada keyboard di Universitas California, Los Angeles (UCLA), dan muncul pada layar di Stanford Research Institute, 314 mil jauhnya. Para ilmuwan komputer bermaksud untuk instruksi LOGIN, tetapi sambungan ini hilang tepat sebelum G.

Pada tahun 1988, Kleinrock adalah ketua kelompok Jaringan Penelitian Nasional untuk Kongres AS. Laporan ini sangat berpengaruh dan digunakan untuk mengembangkan Computing High Performance UU tahun 1991 yang berpengaruh dalam perkembangan Internet seperti yang dikenal saat ini. Pendanaan dari RUU itu digunakan dalam pengembangan browser web tahun 1993 Mosaic , di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).


Sekarang ini Teknologi internet hadir sebagai media multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal misalnya mailing list. Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

Dia telah menerima banyak penghargaan. Kleinrock dipilih untuk menerima penghargaan bergengsi yaitu Nasional of Science, sebuah kehormatan ilmiah bangsa, dari Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada tanggal 29 September 2008. mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science dalam memberikan kontribusi fundamental kepada teori matematika jaringan data modern, dan untuk spesifikasi fungsional switching paket, yang merupakan dasar teknologi internet generasi mentoring.